Tester Pict:

MENINGKATKAN CINTA BUDAYA BANGSA INDONESIA



ASSALAMUALIAKUM Wr.Wb
Ini adalah artikel saya ke-2 tentang budaya bangsa wajah indonesia,di sini tema saya “meningkatkan cinta budaya bangsa Indonesia”
          Sejak dulu, kita memasuki era reformasi. Di satu sisi, kita menyambut gembira munculnya fajar reformasi yan di ikuti gelombang budaya – budaya diberbagai bidang. Namun bersamaan dengan kemajuan kehidupan budaya tersebut, ada sebuah pertanyaan mendasar yang perlu kita renungkan bersama : dimanakah kecintaan budaya Indonesia kini berada?
                Pertanyaan ini penting di kemukakan karena dengan seiringnya kemajuan kehidupan budaya bangsa Indonesia seolah – olah tenggelam dalam pusaran sejarah masa lalu yang tak lagi relevan untuk disertakan dalam dialektikareformasi .
Budayabangsa Indonesia seolahhilangdarimemorikolektifbangsa.kecintaanterhadapbudaya Indonesia semakinjarang di ucapkan,dikutip,dan di bahasbaikdalamkontekskehidupanketatanegaraan,kebangsaan,maupunkemasyarakatan.
Kecintaanbudaya Indonesia sepertitersandar di sebuahlorongsunyijustru di tengahdenyutkehidupanbangsa Indonesia yang semakinhiruk-pikuk.

Mengapa hal itu terjadi ?mengapa kita melupakan budaya asli bangsa Indonesia??

Ada sebuahpenjelasan,mengapakecintaanterhadapbudayabangsa Indonesia seolah “lenyap” darikehidupankita.
Pertama,situasidanlingkungankehidupanbangsa yang telahberubahbaik di tingkat domestic ,regional,maupun global .situasidanlingkungankehidupanbangsapadatahun 1945—66 tahun yang lalu—telahmengalamiperubahan yang amatnyatapadasaatini ,danakanterusberubahpada masa yang akandatang.beberapaperubahan yang kitaalamiantara lain :
·         Terjadi proses globalisasidalamsegalaaspeknya
·         Lonjakanpemanfaatanteknologiinformasiolehmasyarakat,dimanainformasimenjadikekuatan yang amatberpengaruhdalamberbagaiaspekkehidupan,tetapijugarentanterhadap “ manipulasi”informasidengansegaladampaknya.
·         Semakinberkurangnyapengelolaanterhadapbudaya-budayaasli Indonesia.
Ø  Pada halnya bangsa indonesia sesungguhnya adalah bangsa yang kaya.seperti :
a)    Keragaman aneka flora dan fauna di indonesia
Contoh flora   : balam suntai,bayur,ulin,jambu monyet,kayu manis,kapur barus,cendana,hangkang dll.
Contoh fauna : alap-alap,anggang,anoa,babi rusa,badak,bajing tanah,banteng,beruk,bimok ibis ,burung kipas
b)    Keragaman rumah adat di indonesia
Contohnya     : rumoh aceh,rumah balai,rumah gadang,rumah panggung,rumah joglo,honai dll.
c)    Keragaman tarian di indonesia
Contohnya     :tari kuda lumping,tari tanggai,tari gendang beleq,tari kecak,
d)    Keragaman alat musik tradisional di indonesia
Contohnya;angklung,atowo,tifa,kolintang,babun,katambung,calung,sasando
e)    Keragaman pakaian tradisional
Contohnya     :pakaian adat nias,baju bodo,beskap,saluak,baju asmat
f)     Keragaman cerita rakyat indonesia
Contohnya     :batu goloq,si rusa dan si kulomang,la dana dan kerbaunya
g)    Keragaman upacara adat atau pesta rakyat di indonesia
Contohnya     : ritual tiwah,upacara pasola ,upacara ngaben

Di tengah arus modernisasi dan globalisasi yang kini deras mengalir karakter bangsa harus tetap di pelihara,sehingga bangsa indonesia tidak kehilangan arah.kemajuan dan globalisasi tidak dapat di bendung,yang harus di lakukan memperkuat jati diri dan memiliki karakter.


Kita harus kerja keras,tidak boleh malas-malasan,globalisasi dan kemajuan tidak bisa di elakkan,kita harus pandai menyaring dan memilih,hadapi globalisasi tanpa kehilangan jatidiri.dalam globalisasi pesaing-pesaing bukan hanya dari dalam negeri namun juga kompetitor dari negara lain.

PERAN GENERASI MUDA DI MASA LALU
Ø  Kita tahu bahwa kesadaran kebangsaan tidaklah tumbuh sekaligus dalam kehidupan rakyat indonesia.akan tetapi,kesadaran kebangsaai itu tumbuh secara berangsur yang di awali dari kalangan terpelajar generasi muda,kemudian menyebarke seluruh lapisan masyarakat.
Sejarah telah membuktikan bahwa dalam perjuangan bangsa indonesia untuk membina persatuan dan kesatuan,generasi muda selalu tampil mengambil peran penting.di sinilah kita mengajarkan KECINTAAN TERHADAP BUDAYA BANGSA INDONESIA PADA GENERASI MUDA SAAT INI.
Ø  Masa kini adalah masa yang sedang kita nikmati bersama-sama.masa kini di sebut juga masa pembangunan,melakukan pembangunan-pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan,seperti aspek sosial dan budaya guna menata kehidupan yang lebih baik.
SIKAP NASIONALISME GENERASI UNGGULAN
v  PELOPOR RASA BANGGA TERHADAP BAHASA-BAHASA DI INDONESIA.
Bahasa indonesia adalah bahasanya warga negara indonesia.oleh karena itu wajib hukumnya bagi warga negara indonesia untuk merawat dan melestarikannya.bahasa indonesia mulai di tinggalkan si empunya.maraknya bahasa gaul atau bahasa modern yang kini menyebar luas di kalangan pemuda-pemudi indonesia tampaknya telah menggeser kedudukan bahasa indonesia di mata mereka
v  PELOPOR RASA BANGGA TERHADAP BUDAYA.
Hal ini penting untuk di pahami,karena banyak di antara masyarakat indonesia,terutama remaja dan pelajarnya yang secara lisan menyatakan bangga dengan budaya indonesia,namun kenyataannnya mereka jarang sekali bersentuhan dengan budaya yang mereka akui mereka banggakan itu.bahkan mungkin bisa di katakan bahwa remaja kita merasa malu jika menggunakanproduk budaya indonesia.Misalnya saja ; memakai pakaina batik kebaya pada remaja putri,menyanyikan lagu dangdut/lagu daerah pada pertunjukan musik,menonton wayang,dan sebagainya.

v  Upaya-Upaya meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia untuk generasi muda saat ini :
ü  Meningkatkan kesenian rakyat di tengah globalisasi
ü  Meningkatkan (PBKB) Pengembangan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa

Mengapa di tekankan pentingnya kebanggaan budaya bangsa di kalangan remaja atau pelajar ?
Mengapa di tekankan pentingnya kebanggaan budaya bangsa di kalangan remaja atau pelajar ? karena merekalah generasi penerus bangsa ini.jika pada saat ini mereka sudah tidak bangga lagi dengan keberadaan kebudayaan bangsanya sendiri,maka bisa di pastikan di masa yang akan datang,generasi kita akan semakin asing dan tidak mengenal kebudayaan bangsa sendiri.

Jadi , agar kebudayaan bangsa kita bisa tetap ada,maka mulailah dari diri kita sendiri.merasalah bangga dengan budaya bangsa dengan cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Beragam wujud warisan budaya lokal yang ada di sekitar memberi kita kesempatan untuk mempelajari kearifan lokal dalam mengatasi masalah-masalah yang di hadapi di masalalu .
                                                                      

0 komentar :